INDUSTRI KREATIF
Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas,
keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta
lapangan pekerjaan melalui penciptaaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya
cipta individu. Menurut Perdagangan Mari Eka Pangestu menegaskan industri
kreatif saat ini bagian penting perekonomian indonesia dan harus dikembangkan
agar dapat membantu mengurangi kemiskinan.
Bahan
dasar industri kreatif adalah ide. Ide akan menjadi nilai tambah jika
dimanfaatkan dan dilindungi hak ciptanya. Yang harus dikembangkan adalah
bagaimana mengomersialisasi kreativitas agar memiliki nilai ekonomi.
Peluang
Industri Kreatif
- Perubahan perilaku Pasar dan Konsumen majunya
tingkat pendidikan , taraf hidup semakin meningkat
- Tumbuhnya era produksi non masal (dahulu
supply driven sekarang demand suuply)
- Pasar dalam negeri yang besar :
perilaku diarahkan konsumsi produk lokal
- Keragaman sosio kultural Indonesia :
Inspirasi
Tantangan
Industri Kreatif
- SDM kreatif : menanamkan mindset
kreatifitas di segala sisi kehidupan
- Lembaga Pendidikan Kreatif : kurikulum
berbasis kompetensi kreatif
- Peran HAKI : penegakan hukum
- Perdaganan Bebas : daya saing lokal
terhadap pemain asing
- Lembaga Pembiayaan : keberpihakan
PELUANG
BISNIS GAME
Game
merupakan salah satu hiburan yang cukup fenomenal dan banyak di mainkan oleh
semua orang, baik anak kecil, remaja hingga dewasa. Game dikenal karena mampu
mengurangi rasa stress akibat setelah seharian bekerja maupun tugas yang
menumpuk. Selain itu, game juga dikenal mampu meningkatkan koordinasi mata dan
tangan kita. Dalam hal sosial, anak-anak pemalu bahkan akan lebih mudah untuk
berinteraksi dengan orang lain ketika bermain sebuah video game.
Di
Indonesia sendiri, sebenarnya kita memiliki potensi untuk memasuki industry
game. Namun untuk saat ini, game Indonesia masih berada di tahap awal. Meski masih di tahap awal, tapi momentum yang
ada saat ini dengan banyaknya studio game lokal dapat mendorong para developer
Indonesia. Ditambah lagi dengan munculnya beragam jenis gadget akhir-akhir ini
semakin mendorong perkembangan industry game di Indonesia. Permainan game digital juga disukai di seluruh
dunia. Saat ini keberadaan digital game sudah menjadi unggulan yang ditawarkan
para produsen gadget untuk menarik minat para konsumen. Banyak produsen
menjadikan program game terbaru dalam paket penjualan produknya. Peluang
seperti inilah yang dimanfaatkan para pembuat game digital di indonesia untuk
berlomba mendapatkan untung maksimal dari bisnis game yang prospek pasarnya
makin meningkat.
Menurut
data yang diperoleh dari Internasional Game Development Association (IGDA)
Indonesia, sekarang ini sedikitnya ada sekitar 60 sampai 70 studio pembuatan
game yang mulai eksis di pasaran. Belum termasuk para pengembang game skala
kecil, yang kira-kira berjumlah ratusan. Kondisi ini menjadi bukti bahwa
industri game di Indonesia mengalami peningkatan hingga 100% disbanding
tahun-tahun sebelumnya. Untuk harga jual konten game tentu berbeda-beda mulai
dari US$ 500 sampai US$ 10.000 tergantung kesulitan dan variasi tantangan. Para
produsen mendapatkan keuntungan sekitar 30% hingga 50%.
PELUANG
BISNIS ANIMASI
Animasi
Indonesia telah berkembang sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Kebutuhan
animasi untuk kepentingan kebutuhan iklan sudah cukup terpenuhi. Demikian juga
kebutuhan animasi untuk kebutuhan trik dalam film live juga sudah terpenuhi.
Bahkan untuk kebutuhan film live mancanegara pun trik melalui animasinya
dilakukan oleh animator Indonesia. Film animasi asing, termasuk yang sedang
beredar di Indonesia, juga dibuat oleh animator Indonesia. Beberapa animator
Indonesia bekerja untuk membuat film animasi negara lain. Usaha animasi yang
terkemas dalam bentuk industri, masih sangat sedikit.
Ada
beberapa yang mengemas usahanya dalam bentuk industri tetapi belum banyak yang
memproduksi film (serial maupun layar lebar) untuk kepentingan film animasi
dalam negeri. Usaha terbanyak adalah mendudukkan animatornya sebagai tenaga
outsourcing untuk membuat film animasi luar negeri. Bila perhitungan kebutuhan
film (serial) animasi di Indonesia didasarkan pada jumlah stasiun televisi
nasional dan lokal dikalikan dengan frekuensi penayangan film (serial) animasi
setiap minggunya, akan menghasilkan angka yang mengejutkan. Sayangnya hampir
seluruh angkanya dipenuhi oleh film (serial) animasi asing.
Bagi
animator Indonesia, kesalahan kondisi ini dilemparkan kepada ketiadaan dukungan
para pemangku kepentingan pada film animasi nasional, dan murahnya harga beli
film (serial) animasi oleh sebuah stasiun televisi. Murahnya harga beli film
animasi sangat jauh dari mimpi animator Indonesia yang menginginkan keuntungan
dengan sekali jual karyanya ke satu stasiun televisi. Keterampilan membuat
animasi diperlukan juga untuk membuat game, baik game on line yang biasanya
berjenjang dan berkesinambungan yang sering membuat kecanduan pemainnya tetapi
mendatangkan uang yang banyak bagi penciptanya, maupun arcade (game pendek dan
instan). Usaha kreatif lainnya yang lahir dari animasi adalah show di antara
komunitas tertentu yang menampilkan karakter animasi lengkap dengan kostum
dalam film animasi (cost-play).
Penjualan
hasil merchandising karakter film (serial) animasi juga merupakan usaha kreatif
yang patut diperhitungkan. Animasi memiliki long tail market yang bila
diupayakan secara profesional akan menghasilkan.
PELUANG
BISNIS MULTIMEDIA
Multimedia
adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi, dan video dengan alat bantu dan koneksi sehingga pengguna
dapat bernavigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi. Pada awalnya
multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan(gambar,
teks, video, animasi), dan konsumsi indra pendengaran(suara).
Berbagai
produk multimedia dapat dijumpai berupa media televisi, multimedia interaktif
dan berbagai unsur kreatif yang digunakan dalam menyampaikan pesan agar lebih
menarik. Kemampuan penguasaan secara teknik dan kemampuan menyampaikan secara
audio visual pada bidang multimedia, meliputi: animasi, videografi, dan
multimedia interaktif sesuai dengan perkembangan kebutuhan industri di
Indonesia, pendidikan, dan instansi pemerintah maupun swasta.
Prospek
industri multimedia adalah multimedia mengintegrasikan unsur keindahan, seni,
dan ekspresi diri ke dalam teknologi informasi. Teknologi multimedia mampu
membawa informasi audio visual secara terintegrasi ke dalam dunia digital.
Peluang Indonesia ini diperkuat dengan kayanya konten multimedia yang bisa
digali dari kultur indonesia. Musik, video, animasi dan produk kultural
indonesia berpeluang untuk diekspor dalam format digital. Keindahan alam maupun
kreasi indonesia dapat digitalkan, kemampuan artistik dari tenaga ahli
teknologi informasi indonesia mampu bersaing.
- Tugas Softskill GUNADARMA -
Tidak ada komentar:
Posting Komentar